JURUSAN ILMU KEPERAWATAN

23 Jun 2016

JURUSAN ILMU KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES)

BINA PUTERA BANJAR

Program Studi Ilmu Keperawatan merupakan satu dari tiga jurusan yang diselenggarakan oleh STIKes Bina putera Banjar.

IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS)                    : Ilmu Keperawatan

Perguruan Tinggi                        : STIKes Bina Putera Banjar

Nomor SK pendirian PS (*)      

Akademik                                  : No. 130/D/O/2001

Profesi                                        : No. 267/D/O/2008

Tanggal SK pendirian PS                               

Akademik                                  : 02 Agustus 2001

Profesi                                        : 31 Desember 2008

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                        : Direktur Jendral Pendidikan Tinggi

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                   : 02 Agustus 2001

Nomor SK Izin Operasional (*)

Akademik                                  : No. 130/D/O/2001

Profesi                                        : No. 267/D/O/2008

Pejabat Penerbit SK                   : A.n MENDIKNAS DIRJEN DIKTI

                                                     Satryo Soemantri Brodjonegoro

Nomor SK Izin Perpanjangan

Akademik                                  : No.11177/D/T/K-IV/2012

Profesi                                        : No. 10069 /D/T/K-IV/2012

Tanggal SK Izin Operasional     : 02 Agustus 2001

Alamat PS                                : Jln. Tanjung Sukur-Sumanding Wetan

No.10 Kota Banjar Jawa Barat

Nomor Telepon PS                     : (0265) 741100

Nomor Faksimili PS                   : (0265) 744043

Homepage dan E-mail PS         : stikesbp.ac.id / stikes_binaputera@yahoo.com

Pendidikan keperawatan (Ners) merupakan pendidikan akademik-profesional dengan proses pembelajaran yang menekankan pada tumbuh kembang kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang akademisi dan profesional. Landasan tumbuh kembang kemampuan ini merupakan kerangka konsep pendidikan yang meliputi falsafah keperawatan sebagai profesi, dan keperawatan sebagai bentuk pelayanan profesional yang akan mempengaruhi isi kurikulum dan pendekatan utama dalam proses pembelajaran.

Pendidikan Ners yang yang diselenggarakan oleh STIKes Bina Putera Banjar  terdiri atas program Sarjana Keperawatan dan program profesi Ners. Perubahan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia menuntut institusi pendidikan tinggi termasuk STIKes Bina Putera Banjar  melakukan perubahan-perubahan dalam sistem dan strategi pembelajaran.  Direktorat Pendidikan Tinggi memberikan petunjuk dan arahan dalam melaksanakan sistem pendidikan dengan menggunakan Kurikulum yang Berbasis Kompetensi dengan menitikberatkan pada metoda pembelajaran dengan  Student Centre Learning menuntut institusi pendidikan melakukan inovasi dalam strategi pembelajaran. STIKes Bina Putera Banjar  mengacu pada kurikulum yang dikeluarkan oleh AIPNI yang sudah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Pendidikan Tinggi.

Kurikulum disusun berdasarkan kondisi dan perkembangan ilmu  pengetahuan, keinginan steacholder dan pertimbangan lainnya yang terkait dengan bidang studi tipa-tiap program studi.  Penyusunan kurikulum dilakukan  dengan lokakarya dengan mengundang banyak pihak yang terlibat, diantaranya Tenaga Ahli untuk konsultasi kurikulum, dan Tracer Study dengan teknik pelaksanaan yang melibatkan stakeholder yang meliputi: Penyelenggara Program Studi ilmu keperawatan dari Universitas Lain, Asosiasi profesi , Alumni, Instansi terkait, Praktisi, Dosen. Semua itu dilakukan oleh tiap atau masing-masing program  studi sebagai ujung  tombak  pelaksanaan pendidikan. Adapun peran dari STIKes adalah sebagai pihak yang memonitor semua aspek yang dilaksankan oleh program studi yang ada di bawahnya.  Selain itu STIKes memiliki kebijakan, arahan, dan rambu-rambu dimana penyusunan kurikulum harus sesuai dengan visi, misi STIKes. Maka dari itu kebijakan-kebijakan dan aturan STIKes  adalah salah satu acuan atau dasar yang harus diikuti setiap program studi yang ada dibawahnya dalam melaksanakan program, salah satunya penyusunan dan pengembangan kurikulum.

Untuk menyongsong ASEAN Community tahun 2015 dan mengantisipasi perkembangan global STIKes Bina Putera Banjar telah mengadakan perubahan-perubahan yang bersifat inovasi, reorientasi, reformasi di dalam kurikulum Pendidikan Ners. Saat ini tuntutan terhadap pelayanan kesehatan semakin meningkat, masalah-masalah kesehatan semakin kompleks, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan semakin canggih, dan selain itu persyaratan dunia kerja semakin menuntut tenaga keperawatan yang kompeten, sehingga STIKes Bina Putera Banjar memiliki tantangan besar untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten agar mampu berkompetisi baik skala nasional maupun skala global.

Pendidikan Program sarjana keperawatan ditempuh dalam waktu 8 semester, sedangkan Profesi Ners ditempuh dalam waktu 2 semester dan batas maksimal 4 semester. Berikut penjabaran struktur program sarjana keperawatan:

Kurikulum Program Pendidikan Sarjana Keperawatan STIKes Bina Putera Banjar
Tahun 2016/2017
                   
STRUKTUR PROGRAM
                   
Semester I               
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK21 Bahasa Indonesia 2   2 2      
2 KBK21 Keperawatan Dasar I 3   3 2 1    
3 KBK21 Konsep Dasar Keperawatan I 3   3 3      
4 KBK21 Agama 2   2 2      
5 KBK21 Ilmu Dasar Keperawatan I 4   4 3 1    
6 KBK21 Falsafah dan Teori Keperawatan 3   3 3      
7 KBK26 Bahasa Inggris 2 1 3 2 1   Praktek Lab (+1)
Jumlah 19 1 20 17 3 0  
                   
                   
Semester II              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK22 Komunikasi Dalam Keperawatan I  2   2 1 1    
2 KBK22 Pancasila 2   2 2      
3 KBK22 Keperawatan Dasar II 3   3 3      
4 KBK22 Konsep Dasar Keperawatan II 3   3 3      
5 KBK22 Ilmu Dasar Keperawatan II 4   4 3 1    
6 KBK22 Pendidikan dan Promosi Kesehatan 3   3 2 1    
Jumlah 17 0 17 14 3 0  
                   
                   
Semester III              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK23 Sistem Informasi Keperawatan 2   2 1 1    
2 KBK23 Kewarganegaraan 2   2 2      
3 KBK23 Keperawatan Medikal Bedah I 3 1 4 2 2    
4 KBK23 Keperawatan Maternitas I 4   4 2 1 1  
5 KBK23 Komunikasi dalam Keperawatan II 3   3 1 1 1  
6 KBK23 Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan 2   2 2      
7 KBK23 Keselamatan Pasien dan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan 2 1 3 2 1   Teori (+1)
Jumlah 18 2 20 12 6 2  
                   
                   
Semester IV              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK24 Keperawatan Maternitas  II 2 1 3 2 1   Teori (+1)
2 KBK24 Keperawatan Medikal Bedah II 3   3 2 1    
3 KBK24 Keperawatan Anak I 4   4 2 1 1  
4 KBK24 Keperawatan Kesehatan Jiwa I 3   3 2 1    
5 KBK24 Keperawatan HIV - AIDS 2   2 1 1    
6 KBK24 Nursing Interpreneurship    2 2 2      
7 KBK25 Keperawatan menjelang ajal dan paliatif 3   3 2 1    
Jumlah 17 3 20 13 6 1  
                   
                   
Semester V              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK25 Keperawatan Medikal Bedah III 3 1 4 2 2   Praktek Lab (+1)
2 KBK25 Keperawatan Anak II 2 1 3 2 1   Praktek Lab (+1)
3 KBK25 Keperawatan Kesehatan Jiwa II 3 1 4 2 1 1 Praktek Lab (+1)
4 KBK25 Keperawatan Komunitas I 2 1 3 2 1   Praktek Lab (+1)
5 KBK26 Keperawatan Keluarga  4   4 3 1    
Jumlah 14 4 18 11 6 1  
                   
                   
Semester VI              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK26 Keperawatan Komunitas II 3 1 4 3 1   Teori (+1)
2 KBK26 Metodologi Penelitian 4   4 3 1    
3 KBK26 Keperawatan Gawat Darurat 4   4 3 1    
4 KBK27 Keperawatan Gerontik 4   4 3      
5 KBK26 Praktik Klinik Keperawatan I (Promkes, K3, Komunitas, Klg & Gerontik)   4 4     4  
Jumlah 15 5 20 12 3 4  
*KKN (Non SKS)
                   
                   
Semester VII              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK27 Keperawatan Kritis 3 1 4 3 1   Teori (+1)
2 KBK27 Biostatistik 2   2 1 1    
3 KBK27 Keperawatan Bencana 2 2 4 3 1   Teori (+1) Praktek Lab (+1)
4 KBK27 Praktik Keperawatan Medikal Bedah 3   3     3  
5 KBK27 Kesehatan Global   2 2 2      
6 KBK28 Manajemen Keperawatan  4   4 3 1    
Jumlah 14 5 19 12 4 3  
                   
                   
Semester VIII              
No Kode MK Mata Ajar SKS Total T P PL Keterangan
Inti Institusi
1 KBK28 Skripsi 4   4     4  
2 KBK27 Praktik Klinik Keperawatan II (Maternitas, Anak, Jiwa, Gadar, Manajemen, Kritis)   6 6     6 1 SKS Inti PL (Mankep)
Jumlah 4 6 10 0 0 10  
    Total Kurikulum Inti  118            
    Total Kurikulum Institusional 26            
    Total  144            

Dalam upaya meningkatkan mutu lulusan serta efektifitas pelaksanaan Sekolah Tinggi Bina Putera Banjar menggunakan salah satu teknik penilaian melalui rata-rata masa studi mahasiswa. STIKes Bina Putera Banjar menargetkan masa studi untuk program S1 adalah sampai 8 semester dan Ners 2 semester jadi total 10 Semester (5 Tahun). Dalam upaya pengembangan rata-rata masa studi dan IPK rata-rata lulusan berusaha mempertahankan untuk tidak lintas semester yang sudah ditentukan, dengan IPK diatas 2,75 untuk S,Kep dan IPK diatas 3,00 untuk Ners. Upaya yang dilakukan untuk mempercepat rata-rata masa studi serta meningkatkan rata-rata indeks prestasi yaitu dengan perbaikan struktur kurikulum. Adapun nilai  IPK  rata-rata  lulusan  mahasiswa  STIKes relatif  mengalami  kenaikan dari tahun ke tahun dan nilainya diatas rata-rata yang sudah ditentukan. Demi keberlanjutan maka diperlukan upaya pengembangan dan upaya peningkatan mutu, antara lain dengan memberikan pelayanan yang bagus dalam hal akademis, bimbingan pribadi, dan lainnya. Selain itu juga memperbaiki sarana dan prasarana serta proses pembelajaran.