Program Community Mental Health Nursing (CMHN) Mahasiswa Program Profesi Ners A.XII di Lapas Kelas III Kota Banjar

15 Feb 2017 11:20:42
dilihat : 453 kali

Untuk kedua kalinya STIKes Bina Putera Banjar melaksanakan praktikum untuk mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan Ke-12 Di Lapas Kelas III Kota Banjar. Praktikum ini dilaksanakan untuk mencapai salah satu target kompetensi departemen Keperawatan Jiwa yaitu Community Mental Health Nursing (CMHN) yang dilaksanakan dari tanggal 06-11 Februari 2017.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Lapas merupakan tempat dengan resiko mengalami gangguan jiwa. Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan yang meningkat tentunya berimbas pada kesiapan Lapas didalam membina warga binaan. WHO dan International Committe of the Red Cross (2014) mengatakan bahwa prevalensi gangguan mental di lingkungan penjara saat ini telah berada pada angka yang sangat tinggi. Seringkali pemerintah dihadapkan pada terbatasnya fasilitas dan sumber daya di Lapas dengan banyaknya jumlah warga binaan yang kian tahun kian meningkat. Tidak jarang permasalahan-permasalahan psikologispun muncul sebagai dampaknya. Masalah kesehatan yang sering ditemukan adalah  kecemasanK kecemasan dapat dikenal sebagai perasaan pribadi seseorang, rasa gelisah, ketidakpastian, takut dari kenyataan atau persepsi ancaman yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. (The Offender Health Research Network).

Agar kompetensi tersebut dapat dicapai diperlukan rancangan pengalaman belajar praktikum yang dapat menunjang pengalaman belajar lapangan melalui: simulasi proses pengumpulan data, latihan studi kasus tentang analisis data, dan penyusunan program (diskusi). Proses pendidikan tersebut tetntunya diimbangi dengan memperhatikan proses komunikasi yang efektif, pengembangan metode, media pembelajaran yang sesuai, serta pengenalan intervensi program melalui audiovisual.

Ketua Jurusan Ilmu Keperawatan Sri Wianti, S.Kep., Ners., MM., M.Kep enyampaikan salah satu hasil akhir pembelajaran (output) yang diharapkan dari praktikum ini para lulusan Ners dari STIKes Bina Putera Banjar mampu menjadi seorang educator, yaitu perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan, memiliki peranan yang strategis dalam memberikan edukasi baik pada individu, keluarga ataupun masyarakat dalam melakukan penanganan masalah kesehatan secara mandiri. Dengan memberikan pemahaman yang benar dan memberdayakan keluarga dan pasien dalam berpartisipasi untuk dapat melakukan perawatan diri secara mandiri. Berbagai komplikasi yang mungkin akan muncul dapat dikendalikan dan pasien memiliki derajat kesehatan yang optimal. Pelayanan keperawatan yang diberikan oleh seorang perawat sangat mempengaruhi mutu asuhan keperawatan yang akan diterima oleh pasien. Maka dari itu sangat diperlukan solusi perawatan yang dapat membantu meningkatkan pemiliharaan kesehatan.

Diakhir sambutan pembukaan praktikum Kalapas Kelas III Agus Amd.IP., SH., MH menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak akademik Jurusan Ilmu Keperawatan STIKes Bina Putera Banjar yang telah bekerja sama dengan intansi yang dipimpinya. Besar harapan praktikum ini bisa dilaksanakan secara continue mengingat di Lapas Kelas III Kota Banjar belum memiliki staf tenaga medis.

Created By: Aneng Yuningsih, M.Kep