Asuhan Keperawatan Profesional Melalui Ronde Keperawatan

25 Feb 2017 14:45:34
dilihat : 477 kali

Pengalaman belajar klinik merupakan proses transformasi yang harus dijalani oleh seorang perseta didik dari seorang mahsaiswa menjadi perawat profesional. Berdasarkan hal tersebut STIKes Bina Putera Banjar pada tahap pembelajaran akademik melakukan proses tersebut salah satunya adalah mata kuliah manajemen keperawatan yang di dalamnya terdapat ronde keperawatan. Ronde keperawatan ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi yang harus dicapai dalam mata kuliah manajemen keperawatan khususnya materi dari metode asuhan keperawatan profesional.

Ronde keperawatan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menngatasi masalah keperawatan klien yang dilaksanakan oleh perawatdengan melibatkan pasien dan tim lain untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada pasien. Pelaksanaan ronde keperawatan ini dilakukan melalui pendekatan berfikir kritis artinya cara yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah dilakukan dengan cara berfikir kritis dan sistematis. Hal tersebut ditunjukan dengan cara menunjukan kemampuan memvalidasi data pasien, kemampuan menetukan diagnosa, kemampuan melakukan tindakan keperawatan yang berorientasi pada masalah-masalah pasien, kemampuan memodifikasi rencana asuhan, kemampuan justifikasi dan menilai hasil pemeriksaan diagnostik yang diperoleh derta kemampuan menjalin komunikasi dengan tim lain untuk penetapan penyelesaian.

Berdasarkan hal tersebut dirasa sangat perlu sekali pada proses Praktek Belajar Klinik II (PBK) STIKes Bina Putera Banjar memasukan kompetensi ronde keperawatan menjadi salah satu target yang harus dicapai. Pada pelaksanaan PBK ini mahasiswa dibekali dengan pemadatan untuk memepersiapkan mereka sebelum langsunng ke lapangan. Metode yang digunakan untuk pembelajaran ronde keperawatan adalah bermain peran (Role Play), dengan bermain peran mahasiswa dapat memiliki gambaran nyata terkait kondisi, situasi dan cara ronde keperawatan yang ideal dalam memecahkan permasalahan pada pasien.