Praktek Kerja Lapangan Komunitas DIII Kebidanan STIKes Bina Putera Banjar

27 Oct 2016 11:59:13
dilihat : 1046 kali

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bina Putera Banjar Jurusan/ Program Studi Kebidanan berusaha untuk menghasilkan tenaga Bidan profesional. Dan sebagai tenaga kesehatan khususnya tenaga bidan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan KIA/KB dan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupannya

Dalam rangka mempersiapkan tenaga bidan yang terampil dan bermutu dalam melaksanan tugas seperti yang diharapkan, maka perlu kiranya memberi kesempatan serta pengalaman belajar yang terarah dan terpadu kepada mahasiswa Kebidanan tidak hanya di RS tetapi juga di Puskesmas maupun di masyarakat.

Sehubungan dengan hal itu, salah satu pengalaman belajar yang perlu disediakan bagi mahasiswa adalah praktek asuhan kebidanan komunitas di pedesaan dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) Komunitas :

Tujuan Umum

Setelah mengikuti PKL mahasiswa mampu :

memberikan asuhan kebidanan dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, KB serta kesehatan wanita sepanjang daur kehidupan pada setiap tahap kegiatan  dan mengevaluasi pelayanan kebidanan komunitas dengan teknik problem solving dengan beberapa pendekatan PHC, kerjasama tim, manajemen kebidanan kepada individu, keluarga dan masyarakat.

Tujuan Khusus

Setelah mengikuti PKL mahasiswa mampu:

  1. Melaksanakan asuhan kebidanan pada keluarga yang mempunyai permasalahan atau terdapat kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, keluarga berencana, gangguan reproduksi, remaja dan lansia.
  2. Melaksanakan asuhan kebidanan pada komunitas dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Kegiatan Selama di Komunitas Terdiri dari :

  1. Pendataaan
  2. Pengolahan data hasil pendataan
  3. Pre Loka Karya mini
  4. Loka Karya Mini
  5. Inplementasi
  6. Evaluasi

 

Waktu Dan Tempat PKL Komunitas

Waktu : 15 Agustus s.d. 03 September

Tempat  : Ds. Jajawar, Kec. Banjar, Kota Banjar