Departemen Keperawatan Gadar (Manajemen Disaster) Mahasiswa Program Profesi Ners A.XI

25 Jul 2016 15:38:11
dilihat : 411 kali

Secara geografis, Indonesia terletak diwilayah yang rawan bencana. Bencana alam sebagai peristiwa alam dapat terjadi setiap saat, dimana saja dan kapan saja, yang dapat menimbulkan kerugian material dan imaterial bagi kehidupan masyarakat. Selain faktor alam, kurangnya informasi masyarakat terhadap tanda-tanda dan penanganan bencana sering kali menjadi hambatan tersendiri dalam dalam upaya penanggulangan bencana. Kejadian bencana dapat menimbulkan masalah kesehatan diantaranya:

  • Lumpuhnya pelayanan kesehatan
  • Korban nyawa
  • Korban luka
  • Pengungsi
  • Masalah gizi
  • Penyakit menular
  • Masalah ketersediaan air bersih
  • Masalah sanitasi lingkungan, dan
  • Stress atau gangguan jiwa

Oleh karena itu,diperlukan langkah-langkah strategi bidang kesehatan khususnya oleh perawat untuk penanggulangan bencana.

Perkembangan baru kebijakan penaggulangan bencana dalam dekade terakhir adalah memberikan prioritas utama pada upaya pengurangan resiko bencana seperti kegiatan pencegahan, kegiatan mengurangi dampak bencana (mitigasi), dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana serta menerapkan sistem peringatan dini disamping penaganan bencana (Bappenas, 2006). Dalam hubungan ini, informasi dan peran perawat yang berkaitan dengan kejadian bencana sangat diperlukan baik untuk kesiapsiagaan saat tanggap darurat maupun pasca bencana dipengungsian.

 

Departemen keperawatan gadar (Manajemen disaster) untuk mahasiswa program profesi ners ini membahas tentang prinsip-prinsip teoritis dan keterampilan klinis tentang Manajemen Disaster. Fokus mata ajar ini meliputi berbagai aspek yang terkait dengan manajemen disaster. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis dan komprehensif dalam mengaplikasikan konsep manajemen disaster sebagai dasar pemecahan masalah dengan memperhatikan aspek legal dan etis. Evaluasi belajar mahasiswa dilakukan melalui proses belajar dan pencapaian kompetensi mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian bahaya bencana.

Tujuan umum setelah menyelesaikan Departemen keperawatan gadar (Manajemen disaster) ini, peserta didik diharapkan mampu: Menyusun perencanaan sampai dengan evaluasi upaya penanganan dan penanggulangan bencana dan pengungsian setiap fasenya berdasarkan penyebab bencana yang berada dimasyarakat sesuai dengan prinsip keilmuan, standar praktek dan etika keperawatan dengan penuh percaya diri.